free web hit counter
""

BPBD Kabupaten Blitar Himbau Masyarakat Waspada dan Antisipasi Terhadap Dampak Potensi Hujan

Andri Kurniawan
IMG 20231228 WA0005
&

PersadaFM – Sejumlah wilayah di Kabupaten Blitar alami dampak hujan yang disertai angin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Blitar himbau masyarakat pahami langkah-langkah antisipasi musim hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto pada Kamis (28/12/2023) mengatakan untuk wilayah padat bangunan masyarakat diminta memastikan saluran air bebas bebas dari sampah dan bersih. Selain itu, sistem monitoring cuaca peringatan dini untuk mendekteksi potensi hujan.

ABC

Sedangkan pada wilayah perbukitan, Ivong menghimbau masyarakat mewaspadai retakan pada tanah kering dan merancang sistem aliran air buangan. Masyarakat juga dihimbau melakukan konservasi tanah dan air dengan melakukan pemeliharaan jalur hijau.

Bagi wilayah pegunungan, BPBD Kabupaten Blitar menghimbau masyarakat menghindari aliran sungai yang berpotensi terjadi lahar dingin. Pada wilayah sungai dibersihkan dari pepohonan yang tumbang untuk meminimalisir terbentuknya bendungan alam.

Pada kawasan pesisir, Ivong meminta adanya pantauan prediksi cuaca untuk mengantisipasi dampak banjir rob serta melakukan perawatan pelindung pantai. Terakhir, Ivong menghimbau masyarakat tetap waspada dimanapun berada khususnya pada saat terjadi hujan disertai angin. (zis/riz)

Baca Juga :  Disbudpar Kabupaten Blitar Gelar Pelatihan Copywriting Bagi 25 Pelaku UMKM Dampingan Bidang Ekonomi Kreatif
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia