free web hit counter
""

ASAM LAMBUNG BISA SERANG SIAPA SAJA, KENALI CIRI DAN PENYEBABNYA!

Andri Kurniawan
IMG 20240117 WA0026
&

PersadaFM – Penyakit gerd atau asam lambung berpotensi menyerang siapa saja. Penyakit ini terjadi karena katup didalam kerongkongan tidak dapat tertutup usai makan.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Rina Yulimawati pada Rabu (17/1/2024) menjelaskan jika penyakit ini disebabkan karena jarang mengkonsumsi sayur dan buah, mengkonsumsi makanan berminyak, langsung tidur usai makan. Selain dari konsumsi, pola hidup yang kurang baik seperti konsumsi alkohol, kopi berlebihan, dan jam tidur yang kurang dari standar.

ABC

Rina menjelaskan masyarakat dapat melakukan antisipasi penyakit asam lambung dengan merubah gaya hidup mulai dari tidur tepat, tidur miring ke kiri dengan posisi kepala diatas dan menggunakan pakaian yang longgar. Selain itu, bagi yang memiliki riwayat asam lambung dapat menghindari minuman bersoda, minumal beralkohol dan tidur minimal setelah 2 jam makan malam.

Sedangkan untuk ciri-ciri penyakit gerd, penderita secara umum akan merasakan sendawa berlebihan, sesak nafas, dada panas dan mual. Pada ciri lain diketahui dari lidah yang merasa pahit, bau mulut serta batuk kronis. (zis/riz)

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, RSUD Srengat Datangkan Fiber Optic Bronchoscopy (FOB)
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia