free web hit counter
""

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Ajak Masyarakat Pahami Tingkat Kesehatan

Andri Kurniawan
IMG 20230408 WA0010
&

PersadaFM – Hari Kesehatan Sedunia telah menjadi indikator untuk melihat keberhasilan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat global dalam kurun waktu tujuh dekade terakhir ini. Hari Kesehatan Dunia sendiri diperingati setiap tanggal 7 April yang merupakan tanggal berdirinya World Health Organization (WHO) yakni pada 7 April 1948.

Saat dihubungi tim Persada FM pada Jum’at (7/4/2023) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, dr. Christine Indrawati menyebutkan pada tahun 2023 ini peringatan hari kesehatan sedunia mengusung tema “Health for All” atau Kesehatan untuk Semua. Melalui tema tersebut, Dinkes Kabupaten Blitar juga mengajak masyarakat kembali menilik keberhasilan peningkatan kesehatan pada setiap dekade.

ABC

dr. Christine juga menegaskan jika memiliki hidup sehat, tubuh sehat, serta jiwa yang sehat adalah hak setiap masyarakat. Ia juga menambahkan, jika hak atas kesehatan merupakan hak asasi manusia, sehingga akses bagi masyarakat untuk mendapatkan kesehatan wajib dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat dengan cara membangun fasilitas kesehatan (faskes) serta mengikuti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga akses mendapat pelayanan kesehatan dapat terpenuhi.

dr. Christine juga berpesan agar masyarakat dapat memahami pendekatan kesehatan primer dengan pencegahan penyakit. Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya utama untuk meminimalisir angka kesakitan dan menekan biaya yg dikeluarkan pada saat pengobatan.Terakhir, dr. Christine menegaskan bahwa lebih baik mencegah sakit daripada mengobati dengan menjalankan pola hidup sehat dan seimbang. (zis/riz)

Baca Juga :  Jaga Hasil Produksi, Dinas Pertanian Kabupaten Blitar Ajak Petani Manfaatkan Pupuk Lokal
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia