free web hit counter
""

Menuju Peringatan Hari Jadi Blitar 699, Disbudpar Kabupaten Blitar Sampaikan Prosesi Penting Perayaan HJB Setiap Tahun

Andri Kurniawan
IMG 20230801 WA0008
&

PersadaFM – Kabupaten Blitar saat ini tengah menuju perayaan Hari Jadi Blitar (HJB) ke 699. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Blitar mengungkapkan jika pada tahun sebelumnya selalu dilaksanakan sejumlah prosesi pada setiap tanggal 3-5 Agustus.

Kepala Disbudpar Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso pada Selasa (1/8/2023) menyampaikan jika secara umum terdapat lima prosesi penting dalam peringatan HJB. Sebagai pembukaan prosesi HJB, Bupati Blitar bersama beberapa unsur pemerintah Kabupaten Blitar akan melaksanakan ziarah ke makam leluhur Blitar.

ABC

Selanjutnya, Suhendro menjelaskan jika akan dilangsungkan prosesi Bedhol Pusaka yang dilakukan dengan mengeluarkan pusaka dari gedong pusaka dan diarak berkeliling Kabupaten Blitar serta dilanjutkan malam tirakatan yang dimaksudkan untuk melangsungkan do’a bersama. Pada prosesi inti, pemerintah Kabupaten Blitar akan melakukan Pisowanan Ageng, dimana pusaka yang sudah diarak dikembalikan pada Bupati Blitar dan dikembalikan menuju gedong pusaka yang dapat disaksikan oleh masyarakat Blitar secara umum.

Sebagai penutup peringatan HJB, pemerintah akan menggelar hiburan rakyat berupa pagelaran Wayang Kulit yang bisa disaksikan oleh masyarakat umum. (zis/riz)

Baca Juga :  Jatah Pupuk Bersubsidi Tahun 2023 Berkurang, Pemkab Blitar Ajak Petani Inovatif Manfaatkan Peluang
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia