free web hit counter
""

UPACARA HUT RI DENGAN PAKAIAN JADUL DAN SERUAN BERBAHASA JAWA DI KABUPATEN BLITAR TERASA LEBIH HIDMAT

Andri Kurniawan
IMG 20240817 WA0019
&

PersadaFM – Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79, ratusan warga Kabupaten Blitar mengikuti upacara dengan menggunakan kostum jadul. Selain untuk menghormati jasa para pahlawan, kegiatan ini sekaligus untuk melestarikan budaya leluhur.

Bertempat di Pendopo Ageng Hand Asta Sih Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar pada Sabtu (17/8/2024), digelar upacara peringatan HUT RI yang ke 79. Ketua Panitia, Imam Priyadi menyebutkan jika berbeda dengan kegiatan upacara pada umumnya, seluruh peserta upacara diwajibkan menggenakan busana tempo dulu atau jadul.

ABC

Bukan hanya itu, setiap seruan perintah dan laporan upacara dilakukan dengan Bahasa Jawa. Selain untuk memperingati hari Kemerdekaan RI, Imam menjelaskan jika kegiatan upacara ini juga sekaligus untuk mengigatkan kepada para generasi muda agar lebih mencintai adat dan budaya Jawa.

Sementara itu, salah satu peserta upacara bernama Ela mengaku cukup bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, dengan mengenakan pakaian adat dan seruan berbahasa Jawa dapat meningkatkan hidmat selama prosesi berjalan.

Terakhir, Imam menjelaskan jika upacara memakai pakaian jadul ini sudah dilakukan kali ke dua. Rencananya kegiatan berbudaya semacam ini akan menjadi agenda rutin tahunan. (zis/riz)

Baca Juga :  BAWASLU KABUPATEN BLITAR CATAT ADA 6.777 SURAT SUARA RUSAK PADA PROSES SORTIR DAN LIPAT, TERBANYAK DPR RI
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia