free web hit counter
""

Masuki Musim Hujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Minta Masyarakat Waspada Dengan Nyamuk Habitat Kebun

Andri Kurniawan
IMG 20230504 WA0034
&

PersadaFM – Kabupaten Blitar kembali diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Hal tersebut menjadi salah satu musim perkembang biakan nyamuk penyebab demam berdarah (DB).

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit dan Masalah Kesehatan (P2MK), Eko Wahyudi pada Kamis (4/5/2023) menjelaskan bahwa virus dengue penyebab demam berdarah bukan hanya disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti, melainkan juga aedes albopictus atau yang umum dikenal nyamuk macan asia. Secara umum aedes albopictus memiliki ukuran dan warna yang sama dengan aedes aegypti.

ABC

Eko Wahyudi menjelaskan bahwa aedes albopictus memiliki habitat di areal perkebunan, hutan dan berbagi tempat diluar ruangan. Sehingga tidak memungkinkan nyamuk ini dapat menyerang masyarakat dengan kegiatan sehari-hari yang berada diluar ruangan.

Melihat hal tersebut, Eko Wahyudi meminta masyarakat yang beraktivitas diluar ruangan lebih waspada karena juga berpotensi terjangkit virus DB. Ia meminta masyarakat dapat menggunakan lotion maupun berbagi pelindung yang dapat mengusir nyamuk.

Sedangkan untuk tempat berkembang biak, Eko Wahyudi menyebutkan jika keduanya memiliki kesamaan bertelur di air yang bersih sehingga masyarakat diharapkan dapat membersihkan area penampungan air. (zis/riz)

Baca Juga :  Perlindungan Tenaga Kerja, Pemkab Blitar Bersama BPJS Ketenagakerjaan Bahas Peningkatan Kualitas Pelayanan
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia