free web hit counter
""

Berhasil Turunkan Angka Stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Gunakan Obat Modern Alami

Andri Kurniawan
IMG 20230214 WA0022
&

PersadaFM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan penghargaan terbaik kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar dengan kategori belanja produk pencegahan stunting dengan tingkat komponen dalam negeri tinggi pada Obat Modern Asli Indonesia 2023 dalam Program Edukasi 1000 Bidan Intervensi Stunting pada Sabtu (11/2/2023) di Surabaya. Salah satu yang membuat Dinkes Kabupaten Blitar meraih penghargaan tersebut adalah upaya yang dilakukan untuk menstimulasi dan meningkatkan produktivitas Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif pada ibu menyusui di Kabupaten Blitar.

Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Kabupaten Blitar, Sugiyono mengungkapkan jika upaya yang dilakukan dengan pemenuhan suplemen kaplet untuk meningkatkan produksi ASI ekslusif. Kaplet tersebut sudah digunakan secara luas di Indonesia, selain itu juga telah dilakukan uji laboratorium sebelumnya.

ABC

Sugiyono juga menambahkan jika dalam Kaplet tersebut memiliki kandungan bahan alam dari Indonesia yang sudah digunakan sejak lama. Beberapa bahan utama yang berpengaruh terhadap produksi ASI dalam obat tersebut adalah kandungan daun katuk dan daun bangun-bangun untuk meningkatkan hormon produksi ASI Ibu, serta ikan gabus yang mempercepat penyembuhan trauma luka akibat persalinan.

Sedangkan dalam upaya distribusi kaplet tersebut, Dinkes Kabupaten Blitar bekerja sama dengan Bidan, Rumah Sakit dan beberapa layanan persalinan lainnya. Stragegi ini telah dilakukan sejak November 2022 dan terbukti telah menurunkan angka stunting di Kabupaten Blitar menjadi 14,3%. (zis/riz)

Baca Juga :  Pelatih Pencak Silat Internasional Optimis Jika PSHT Cabang Kabupaten Blitar Berpotensi Tinggi untuk Menangkan Kompetisi
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia