free web hit counter
""

DINKES KOTA BLITAR BERSAMA BPOM KEDIRI LAKUKAN UJI CEPAT PENGAWASAN MAKANAN DI PASAR TAKJIL KOTA BLITAR

Andri Kurniawan
IMG 20240313 WA0021
&

PersadaFM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kediri lakukan sidak di Pasar Takjil, Jl. Kenanga Kota Blitar pada Rabu (13/3/2024). Pada sidak tersebut ditemukan makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya Rodhamin B atau pewarna tekstil merah.

Pengawas Farmasi Makanan Ahli Muda BPOM Kediri, Dian Reni Agustina menyebutkan jika temuan dugaan kandungan bahan berbahaya tersebut berasal dari uji cepat sejumlah sampel makanan dan minuman yang dijual di Pasar Takjil. BPOM melakukan uji cepat dilokasi pasar Takjil pada 17 jenis sampel makanan yang dijual.

ABC

Sejumlah makanan yang diuji sebagai sampel diantaranya cireng, tahu isi, sosis, es sirup, mutiara, janggelan dan pangsit. Terdapat empat parameter yang diuji mulai dari boraks, formalin, Rodhamin B atau pewarna tekstil merah dan metanil yellow atau pewarna tekstil kuning.

Dian mengatakan dugaan temuan makanan yang terkonfirmasi positif mengandung rodhamin b adalah mutiara. Selanjutnya BPOM akan lakukan uji konfirmasi di laboratorium.

Dian juga mengimbau pada masyarakat agar memperhatikan keamanan pangan pada makanan yang dijual ataupun dikonsumsi. (zis/riz)

Baca Juga :  UNIK! WARGA TAWANGSARI GARUM LAKUKAN PEMILIHAN KETUA RT BAK PEMILIHAN PRESIDEN
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia