free web hit counter
""

Miliki Fasilitas dan Layanan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Perpustakaan Samudrera Pustaka Juara 1 Klaster A Nasional

Andri Kurniawan
IMG 20231213 WA0000
&

PersadaFM – Perpustakaan Samudera Pustaka, Desa Plosorejo Kacamatan Kademangan telah menerapkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Hal tersebut juga mengantarkan Samudera Pustaka menjadi juara 1 Klaster A lomba perpustakaan tingkat Nasional.

Ketua II Samudera Pustaka, Mesji pada Rabu (13/12/2023) mengatakan bahwa pada 2020 pihaknya telah mendapatkan Juara 1 tingkat Kabupaten Blitar dan dilanjutkan juara 1 tingkat Provinsi di tahun yang sama. Sedangkan pada 2021, Samudera Pustaka mendapatkab Juara 1 Klaster A Lomba Perpustakaan tingkat Nasional.

ABC

Mesji menyampaikan jika hal tersebut didapatkan karena pengelolaan serta adanya prioritas pada pelayanan dan fasilitas. Sejak didirikannya perpustakaan Samudeta Pustaka, sejumlah fasilitas ruang laktasi, koleksi anak, ruang produksi, ruang multimedia dan gedung pertemuan.

Sedangkan pada transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial telah menghasilkan produk berupa Batik, makanan, canilan dan produk-produk kreatif lainnya. Mesji juga menyebutkan jika setiap kali mengikuti event perpustakaan, pihaknya turut membawa produk yang dihasilkan dari kegiatan literasi.

Hingga saat ini pihaknya telah memiliki koleksi 3.260 eksemplar dengan 2.750 judul buku. Terakhir, Mesji berharap adanya kolaborasi dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan untuk kegiatan yang positif dan menunjang kemajuan masyarakat. (zis/riz)

Baca Juga :  Awal Februari 2023, Pemkab Blitar Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia